BerandaKesehatanVaksin Kunci Utama Cegah Penularan Penyakit Berbahaya

Vaksin Kunci Utama Cegah Penularan Penyakit Berbahaya

Seperti yang kita ketahui, ditengah pandemi ini, virus corona sudah menyebar ke seluruh dunia. Dan salah satu upaya yang harus segera dilakukan adalah vaksinasi.

Para ahli berupaya menguji vaksin yang efektif dalam melawan penyakit dan aman bagi kesehatan tubuh. Sehingga, diperlukan waktu yang cukup lama untuk menciptakan sebuah vaksin dengan melalui beberapa tahapan tahapan khusus.

Apa itu Vaksin ?

Vaksin adalah zat atau senyawa yang dimasukkan ke dalam tubuh untuk menghasilkan sistem kekebalan tubuh (imunitas) yang mampu memghalau dari berbagai serangan virus.

Vaksin merupakan produk biologi berbahan dasar virus atau bakteri hidup yang sudah dilemahkan yang berguna untuk merangsang tubuh agar menghasilkan antibodi dan melawan saat terserang suatu penyakit.

Pemberian vaksin inilah yang disebut Vaksinasi, sebagai upaya mencegah penyakit menular yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Vaksin dapat diberikan dalam bentuk suntikan, oral dan aerosol.

Apa Manfaat Vaksin Yang Paling Utama Bagi Tubuh ?

  1. Mencegah Penyebaran Penyakit

Vaksin tidak hanya digunakan untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit berbahaya. Pemberian vaksin sangat penting untuk semua orang karena dapat membantu mencegah penularan penyakit dari orang ke orang.

  1. Cegah Risiko Kematian dan Kecacatan

Menurut para ahli, pemberian vaksin terbukti dapat menurunkan risiko seseorang terjangkit berbagai penyakit yang bisa mengakibatkan kececatan, bahkan kematian. Seperti, pemberian vaksin cacar pada anak usia dini, yang dapat mencegah mereka terjangkit virus yang menyebabkan cacar di kemudian hari.

Begitu juga dengan imunisasi campak dan rubella. Yakni, pemberian vaksin campak dan rubella yang bertujuan menurunkan resiko penularan virus, baik kepada janin dalam kandungan maupun bayi yang baru lahir.(ayu/tim)

Penulis : Amanda Ayu Pramudita
Sumber: alodokter.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img