BerandainformasiOsmansa Juarai HIMO Debate Competition

Osmansa Juarai HIMO Debate Competition

SMAN 1 Mojosari kembali berbangga atas prestasi siswa-siswinya. Kali ini kabar gembira datang dari para pengurus MPK/OSIS yang baru saja meraih juara dalam HIMO Debate Competition, lomba debat Bahasa Indonesia yang dilaksanakan pada 24 Desember 2022 lalu. Lomba yang mengangkat tema Revolusi Industri 4.0 tersebut diikuti oleh kurang lebih 18 tim dari berbagai sekolah.

Dalam lomba yang dikhususkan untuk para pengurus MPK/OSIS aktif se-Kab/Kota Mojokerto tersebut, SMAN 1 Mojosari mengirimkan siswa-siswi terbaiknya untuk berkompetisi. Mereka adalah Hatta Luqman Sri Ardiansyah (XI MIPA 1), Syerli Irfa Nevia (XI IPS 3), dan Rifky Zulfa Afiani (XI IPS 3). Mereka mengaku senang serta tidak menyangka berhasil memenangkan lomba debat berbahasa Indonesia ini dan akan dapat mempersembahkan satu lagi prestasi untuk SMAN 1 Mojosari.

Hal ini karena sebelum bertanding ke SMAN 1 Gedeg untuk berkompetisi, mereka mengaku hanya memiliki sedikit waktu untuk mempersiapkan diri. Ditambah lagi adanya beberapa kendala seperti miskomunikasi dan masalah administrasi. Namun berkat respon positif dan dukungan penuh dari sekolah serta para pengurus MPK/OSIS lainnya, mereka bertiga akhirnya berhasil meraih juara dan mengharumkan nama baik sekolah.

“Karena sebelum melakukan lomba kami mohon restu kepada orang tua, bapak ibu guru, dan rekan-rekan. Tak lupa juga tetap pantang menyerah dan percaya diri,” ujar Hatta ketika ditanya rahasia mereka memenangkan lomba. Di samping itu, Syerli berkata bahwa kerja sama tim dan komunikasi juga mengambil peranan penting dalam kemenangan mereka.

Mengikuti HIMO Debate Competition menjadi sebuah pengalaman berharga bagi mereka bertiga. “Lomba debat ini secara umum melatih kemampuan public speaking dan berfikir kritis. Kemudian secara personal disini saya belajar untuk lebih banyak mendengar orang lain serta merespon pernyataan. Saya juga belajar untuk lebih mengontrol emosi dan yang paling penting adalah semakin banyak wawasan yang saya peroleh melalui pemikiran dari tim lawan,” ujar Zulfa. Selain itu, melalui HIMO Debate Competition ini, mereka bertiga dapat menjalin relasi dengan para pengurus MPK/OSIS lainnya dari berbagai sekolah di Kabupaten/Kota Mojokerto.

“Hal yang paling berkesan bagi aku itu, waktu pengumuman babak penyisihan, dan ternyata SMAN 1 Mojosari masuk ke babak final jadi itu bener-bener buat aku seneng banget dan buat aku lebih bersemangat buat ikutin lomba-lomba debat yang lain,” tutur Syerli.

“Jadikan satu langkah kecilmu suatu hal yang berarti untuk hidupmu dimasa mendatang. Jangan pernah berhenti belajar, menambah wawasan dan berdoa!” pesan Zulfa bagi siswa-siswi SMAN 1 Mojosari lainnya di akhir wawancara.

Penulis & Reporter: Crewmeg

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img