BerandaAgendaMARAK, STUDI TIRU KE SMAN 1 MOJOSARI

MARAK, STUDI TIRU KE SMAN 1 MOJOSARI

SMA Negeri 1 Mojosari baru saja menerima kunjungan resmi dari SMA Negeri 1 Krembung, Sidoarjo dan SMA Negeri 1 Situbondo pada Rabu (11/1) dan Kamis (12/1) kemarin dalam rangka studi tiru. Bahkan, sebelumnya SMA Negeri 12 Surabaya telah datang mendahului. Semua sekolah yang datang sama-sama membawa misi mulia, yaitu saling berbagi informasi tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing sekolah demi meningkatkan mutu pendidikan serta mensukseskan program-program yang dicanangkan.

Sebagai tuan rumah, SMA Negeri 1 Mojosari menyambut baik maksud dan tujuan kedatangan mereka untuk bersama-sama memajukan pendidikan di Indonesia, mulai dari sarana prasarana, pelaksanaan kurikulum, hingga kegiatan ekstrakurikuler yang dimaksudkan untuk mewadahi bakat dan minat siswa ke dalam hal-hal positif yang bisa membantu menentukan orientasi kuliah atau kerja mereka.

“Maksud dan tujuan kami berkunjung ke SMA Negeri 1 Mojosari yang luar biasa ini, ingin saling bertukar informasi, dengan harapan kita bisa sharing dengan kepala sekolah, dengan wakil kepala sekolah, dengan staf, dengan komite, supaya nanti kelebihan-kelebihan kita masing-masing bisa ditiru demi kemajuan anak bangsa Indonesia,” ujar Bapak Suswanto, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Krembung.

Hal senada diucapkan Ibu Marta Mila, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Situbondo. “Terkait maksud dan tujuan kami datang ke SMA Negeri 1 Mojosari, yang pertama kami ingin belajar banyak tentang apa saja yang ada di SMA Negeri 1 Mojosari mulai dari kegiatan siswanya, Bapak/Ibu gurunya, serta kegiatan sekolah lainnya. Kemudian kami di sini juga ingin menjalin silaturahmi dengan SMA Negeri 1 Mojosari sehingga kami nanti ke depannya bisa lebih meningkatkan kualitas dan mutu sekolah kami di samping pastinya bisa mempererat kekeluargaan.”

Masing-masing perwakilan sekolah diajak transit di ruang pertemuan sebelum diajak berkeliling mulai dari melihat karya siswa, kegiatan siswa yang sedang membatik, keliling ke kantin, kamar mandi siswa, hingga studio VOS tempat siswa-siswi melakukan siaran setiap hari. Mereka tampak antusias dan tertarik dengan kelebihan-kelebihan yang ada di SMA Negeri 1 Mojosari, seperti fasilitas pelayanan publik yang dinilai sangat baik, publikasi lewat radio dan TV secara masif, hingga program-program kreatif untuk kemudian bisa mereka jadikan acuan dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas sekolah sebagai sarana pendidikan yang lebih baik bagi siswa-siswi dari masing-masing sekolah.

“Hari ini kami belajar banyak dari SMA Negeri 1 Mojosari, terutama dari sarana dan prasarana. Saya memperhatikan sarana dan prasarana SMAN 1 Mojosari bagus, tertata dengan bagus, bersih, dan yang terpenting adalah kalau melihat sarana dan prasarana yang bagus dan bersih seperti ini, harus ditunjang dengan sikap perilaku warga SMAN 1 Mojosari yang sangat peduli sekali dengan lingkungan,” ucap Bapak Budi, Wakil Kepala Sekolah sarana dan prasarana SMA Negeri 1 Krembung.

Diadakannya kegiatan studi tiru ini membawa kesan positif bagi sekolah untuk bisa saling belajar mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing serta mempererat tali silaturahmi antarsekolah. “Kesannya sangat positif, kami sangat menyambut kehadiran dari kawan-kawan SMA Negeri 1 Krembung dan SMA Negeri 1 Situbondo di mana kita bisa mempererat tali silaturahmi juga berbagi apa yang kita punya dari masing-masing sekolah, misalnya program kita, fasilitas kita, dan lain sebagainya,” pungkas Pak Randa, selaku Humas.

Sehubungan dengan maraknya studi tiru ini, Endang Binarti selaku Kepala SMA Negeri 1 Mojosari merasa sangat senang dan menyampaikan, “Sebenarnya kita ini sama-sama karena sama-sama sekolah negeri. Namun, bagaimana kita mengelola sumber daya yang ada sehingga bisa memberikan layanan yang terbaik kepada anak-anak kita sebagai bentuk tanggung jawab kita kepada generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan perjuangan kita. Mari kita tiru hal yang baik dan saling memberikan masukan pada hal yang dianggap masih kurang.”

Reporter & Penulis: Crewmeg

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img