BerandaAgendaCampus Fest Smansa Mozar Infokan Kampus Masa Depan

Campus Fest Smansa Mozar Infokan Kampus Masa Depan

Ingat dengan Campus Fest?
Yap, acara tahunan yang menggandeng alumni SMA Negeri 1 Mojosari ini baru saja digelar kemarin (28/1) dengan begitu meriah. Ratusan peserta dari kelas 10, 11, dan 12 turut hadir dalam rangka mencari informasi mengenai kampus impian mereka, dan puluhan alumni dari 21 kampus berbeda datang kembali ke SMA Negeri 1 Mojosari untuk membimbing adik-adiknya ke jenjang perkuliahan.

Sebelumnya, Jumat (27/1) telah diadakan tryout untuk mengasah kemampuan para peserta. Tryout terdiri dari kurang lebih 120 soal, yang dibagi ke dalam beberapa babak seperti penalaran umum, literasi, dan lain-lain dengan durasi pengerjaan sekitar dua jam.

Acara puncak dilaksanakan pada Sabtu (28/1) kemarin yang meliputi bedah kampus, gelar wicara, bazaar, art action, dan panggung hiburan. Sebelumnya, para alumnus dari 21 kampus berbeda juga melakukan fashion show di aula dengan memamerkan almamater kebanggaan kampus mereka. Acara dilanjut dengan gelar wicara bersama alumnus Candra Kurniawan dan Havlea yang memberikan motivasi mengenai kiat-kiat mencapai impian.

Penampilan akustik dari Harmoniesm Smansamozar

“Perasaan saya sangat senang, soalnya ini baru pertama kali tahu ternyata ada banyak kampus di Jawa Timur atau di luar Jawa Timur, dan kita bisa mengenal di dalamnya saat kita lulus SMA, kita bakalan tahu di kampus itu ngapain aja, jalur-jalurnya gimana, kita bisa mengenal banyak. Nanti masa depan kita lebih tertata dengan mengikuti ini.” ujar salah satu peserta Campus Fest, Kiki ketika ditanya mengenai perasaannya setelah mengikuti berbagai rangkaian acara Campus Fest. Bedah kampus merupakan salah satu acara yang paling ia tunggu-tunggu karena menurutnya, melalui sesi acara tersebut, ia bisa mendapatkan informasi detail mengenai kampus yang ia tuju seperti jalur-jalur penerimaan yang disediakan, biaya hidup, adaptasi dengan kehidupan di sekitar kampus, dan lain sebagainya.

Hal ini sesuai dengan maksud dan tujuan dari diadakannya Campus Fest yang diungkapkan Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Mojosari, Bu Sulastri, yaitu untuk “Memberikan latihan kepada adik-adiknya yang berkenan melalui tryout. Memberikan motivasi untuk peserta Campus Fest ini, terutama kelas XII melalui acara talk show. Dan yang paling penting memberikan informasi mendetail untuk mengetahui tentang jurusan-jurusannya, kehidupan di kota di mana kampus tersebut berada, biayanya seperti apa, pusat-pusat jajannya dimana, kos-kosnya dimana melalui sesi bedah kampus. Jadi mereka bisa punya pandangan kedepannya. Itu yang paling penting.”

Lebih lanjut, beliau menyampaikan harapannya mengenai acara tahunan Campus Fest ini, “Harapan saya nanti hubungan antara alumni dengan sekolah akan tetap terjalin dengan baik, komunikasinya tetap terjalin, koordinasinya juga terus terjadi, kemudian kedepannya saya harap Campus Fest-nya bisa lebih baik dari sekarang, pesertanya juga bisa lebih banyak, dan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh siswa untuk bisa mengikuti acara Campus Fest.”

Memang tak dapat dipungkiri, selain sangat bermanfaat bagi para peserta yang ingin melanjutkan kuliah, Campus Fest juga hadir sebagai sarana pertemuan untuk para alumni SMA Negeri 1 Mojosari yang sudah terpisah menjalani studi di kampus masing-masing.

Seperti salah satu alumni SMA Negeri 1 Mojosari, Fani, yang kini tengah menjalani program pendidikan arsitektur di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Ia mengaku senang dan bangga bisa kembali ke SMA Negeri 1 Mojosari dengan membawa nama besar universitasnya. “Semoga bisa memberikan informasi-informasi dan wawasan baru kepada adik-adik yang ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan.” ungkapnya mengenai harapan dari diadakannya Campus Fest tahun ini.

“Semangat terus, jangan pernah menyerah. Walaupun kalian tidak menonjol di bidang akademik, kalian bisa menonjol di bidang non-akademik, dalam hal sekecil apapun, entah itu menulis, olahraga, menari, atau apapun itu. Pokoknya pesan aku, kita tuh ga selalu berkembang di bidang akademik tapi juga bisa berkembang di bidang non-akademik,” pesannya kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Mojosari, mengakhiri sesi wawancara.

Istimewanya, campus Fest tahun ini dihadiri alumnus pertama 1984, H. Kariono, S.H. yang saat ini menjabat sebagai Kapolsek Mojosari. Sebagai kakak tertua, Kariono mengatakan bahwa sekolah ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Agar lebih sukses adik-adik harus belajar yang serius, tekun, dan disiplin. Sebagai generasi penerus bangsa ini Anda harus membanggakan kedua orang tua, masyarakat, agama, bangsa, dan negara. Saya bangga jadi Alumnus Angkatan Perdana SMA Negeri 1 Mojosari.

See you on the next Campus Fest, Someg!

Penulis: Qonita
Reporter: Fatur, Adis, Nafisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img