BerandaAgendaMembumikan Mars Smansa Mozar Melalui Lomba Antarkelas

Membumikan Mars Smansa Mozar Melalui Lomba Antarkelas

Dalam rangka membumikan Mars SMAN 1 Mojosari kepada seluruh warga sekolah, selama dua minggu (24/10—7/11) diadakan lomba menyanyikan Mars sekolah antarkelas termasuk juga Bapak/Ibu Wali Kelasnya. Lomba diadakan langsung di studio VOS TV Smansa Mozar. Hasil rekaman langsung diunggah di chanel Youtube VOS, untuk mendapatkan like and coment dari pemirsa.

Mars yang diciptakan oleh Drs. Bambang Sugijono, M.Pd. pada tahun 2004 memiliki arti yang amat penting bagi perjalanan panjang SMAN 1 Mojosari hingga saat ini. “Secara filosofi Mars SMA Negeri 1 Mojosari memiliki diksi yang sangat mantab. Di antaranya mengajak kita untuk senantiasa berdoa, belajar, berkarya, dan berprestasi. Jadi, dimulai berdoa untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta di samping harus berikhtiar secara fisik dengan belajar dan berkarya, selanjutnya dapat meraih prestasi. Yang akhirnya di almamater inilah kita bisa mengenang segalanya,” ujar, Bambang Rusmanto, penyelenggara lomba.

Dalam event lomba ini Ibu Endang Binarti S.Pd, M.M.Pd., selaku kepala sekolah langsung masuk dewan juri bersama Pembina ekskul VOS TV, “Yang menginspirasi untuk mengadakan lomba mars sekolah karena betapa tingginya makna lirik mars ini hingga kita berharap semua sivitas akademik di sekolah ini bisa menyanyikan marsnya, memahami maknanya, dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga para alumnus pun nantinya dapat mengenang semua gita-cita semasa SMA ini,” jelasnya.

Hasil akhir lomba diumumkan pada waktu upacara bendera, (14/11). Juara 1 diraih kelas XI IPS 3, juara 2 diraih oleh kelas XI IPS 1, dan juara 3 diraih oleh kelas X MIPA 6. Selain itu, terdapat juara favorit yang dihitung dari jumlah komentar terbanyak, yaitu kelas XII MIPA 1, serta pemenang komentar terbaik diraih oleh Muhammad Rosyid, siswa kelas XI MIPA 3.

Dra. Sri Kritis Valentina, selaku wali kelas XI IPS 3 mengaku bahagia anak didiknya menjuarai lomba paduan suara mars SMAN 1 Mojosari tersebut. “Saya bahagia, karena apa yang anak-anak laksanakan selama ini ada hasilnya. Yang jelas hasil itu tidak pernah mengingkari proses.”

“Kami bisa menjuarai lomba menyanyikan mars sekolah ini intinya kekompakan. Jadi semua orang punya mindset yang sama dan kekompakan gerakan,” jawab Andre Ahmad Dani ketika ditanya rahasia menjuarai lomba paduan suara mars SMAN 1 Mojosari ini, karena menurutnya kekompakan gerakan adalah salah satu faktor utama mereka bisa menjadi juara.

Sementara pemenang komentar terbaik, Muhammad Rosyid mengaku senang dan tidak menyangka komentar yang ia tulis dinyatakan menjadi komentar terbaik. Pada awalnya ia sama sekali tidak berniat ingin juara, ia menuliskan komentar hanya untuk turut meramaikan lomba paduan suara mars SMAN 1 Mojosari yang sedang berlangsung.

Di samping itu, perwakilan peraih juara favorit, Rahma Sandra Febriana dari XII MIPA 1 berkata bahwa rahasia kelas mereka dapat meraih juara favorit adalah kekompakan setiap anggota kelas dalam memberikan komentar positif pada video yang diunggah di laman YouTube VOS TV. Bahkan, mereka sampai meminta beberapa guru yang ditemui untuk turut memberikan komentar positif pada video paduan suara mars SMAN 1 Mojosari milik kelas XII MIPA 1.

Salah satu Crew VOS sendiri, Hilwa Rifqa Nadya mengaku lega mereka berhasil menyelenggarakan lomba paduan suara mars SMAN 1 Mojosari dengan lancar. Karena selama sekitar tiga minggu Crew VOS telah berjuang demi menyelenggarakan lomba paduan suara mars SMAN 1 Mojosari ini secara maksimal. Mulai dari pembagian jadwal, pembagian tim, penataan tempat, serta penataan alat-alat yang diperlukan. Namun di samping itu, ia mengaku senang dengan antusiasme para peserta. “Untuk crew-crew VOS, semoga bisa lebih semangat, lebih kuat solidaritasnya, serta bisa termotivasi untuk membuat kegiatan-kegiatan baru yang bisa mengasah skill kita dalam bidang komunikasi, editing, dan lain sebagainya.” pesannya pada Crew VOS yang lain.

Banyak manfaat yang dirasakan dari diadakannya lomba mars SMAN 1 Mojosari, mulai dari bertambahnya kekompakan setiap kelas, bertambahnya rasa cinta siswa-siswi terhadap sekolah, serta kemampuan siswa-siswi memaknai setiap lirik yang terkandung dalam mars SMAN 1 Mojosari. Semoga dengan demikian, siswa-siswi SMAN 1 Mojosari akan semakin termotivasi untuk membanggakan dan membawa nama baik sekolah ke manapun mereka melangkah.


Penulis: Crew VOS Media

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img