BerandaprestasiRaih Juara Business Plan Competition Tingkat Nasional, Smansa Mozar Bibitnya Pengusaha

Raih Juara Business Plan Competition Tingkat Nasional, Smansa Mozar Bibitnya Pengusaha

SMA Negeri1 Mojosari kembali berbangga atas prestasi yang dipersembahkan oleh dua siswinya, pasalnya mereka berhasil menyebet Juara 2 Business Plan Competition tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Gresik Universitas Negeri Surabaya.

Lomba tersebut berbasis kelompok dengan nama anggota, yakni : Firzin Amelia Natasya (Xl MIPA 4) dan Imani Nuril Hakiki (XI IPS 2)

Latar belakang jurusan yang berbeda tidak menjadi penghalang dalam kekompakan kerja sama tim, hal ini dikarenakan keduanya tergabung dalam ekstrakurikuler yang sama; Jurnalistik sekolah.

Secara keseluruhan, lomba diadakan virtual mulai 7-19 Maret 2022, melalui rangkaian tahapan diantaranya; seleksi bisnis model canvas, pembuatan proposal bisnis, dan presentasi melalui zoom meeting.

Adapun business plan yang diambil yakni layanan jasa laundry dengan nama “DicuciMama”. Bisnis ini berasal dari pekerjaan wali murid salah satu anggota yang dikembangkan dengan berbagai inovasi mengikuti perkembangan zaman.

Firzin menuturkan bahwa ia sempat tidak percaya diri karena merasa minder terhadap hasil bisnis peserta lain yang lebih kreatif, ditambah lagi lomba ini berada di lingkup nasional. “Alhamdulillah, dengan kekurangan dan kelebihan yang dimiliki, kami bisa meraih gelar juara.”

Keterbatasan waktu menjadi salah satu rintangan yang dihadapi keduanya. “Kami mengerjakannya dengan waktu yang singkat, terlebih karena kami tahu lomba tersebut di hari sebelum penutupan pendaftaran dan waktu yang beriringan dengan Penilaian Tengah Semester sehingga harus pandai membagi waktu.” kata Imani menambahkan.

Tapi hal itu tak lantas menjadikan mereka menyerah begitu saja. Dengan semangat dan kerja sama yang kompak, keduanya mampu mengembangkan ide yang dimilikinya.

Di akhir wawancara, keduanya berpesan agar tidak takut mencoba akan hal baru dan mengembangkan bakat sesuai ketertarikan diri sendiri.

Kepala sekolah, Endang Binarti mengucapkan terima kasih atas capaian yang diraih dengan membawa nama baik sekolah. “Terima kasih atas prestasi yang telah dicapai, semoga sukses untuk ke depannya.”

Beliau juga mengatakan bahwa dengan diadakannya lomba seperti ini, dapat membantu mengetahui jiwa pengusaha yang ada dalam diri, guna mengasah bakat sejak masa pelajar agar bermanfaat di masa depan nanti.

(Crew Megasus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img