BerandaAgendaPesta Demokrasi Pemilu Lahirkan Pemimpin Tangguh Masa Depan

Pesta Demokrasi Pemilu Lahirkan Pemimpin Tangguh Masa Depan

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua MPK/OSIS periode 2022-2023 telah dilaksanakan dengan lancar guna melahirkan pemimpin tangguh demi kemajuan SMA Negeri 1 Mojosari (29/7).

Pesta demokrasi ini dibuka dengan orasi keseluruhan paslon (pasangan calon) baik MPK maupun OSIS. Tak lupa lagu Indonesia Raya dinyanyikan dengan khidmat disusul Mars SMA Negeri 1 Mojosari sebagai pertanda dimulainya acara.

Koestiono, Wakasek Humas menyampaikan kata sambutannya dan merasa senang atas dilakukan pemilu ini karena merupakan pendidikan kewarganegaraan bagi siswa-siswinya.
Suyono Onde, Wakasek Kesiswaan bersyukur atas terlaksananya pesta demokrasi tahun ini.
“Walaupun masih transisi pandemi, para pengurus MPK OSIS sangat antusias untuk melaksanakan pemilu. Terima kasih kepada seluruh panitia yang telah kompak menyukseskan pemilu tahun ini,” ungkapnya.

Pemilu tahun ini mengalami perbedaan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Kampanye dan debat Paslon dapat disaksikan melalui channel YouTube VOS TV maupun siniar (podcast) VOS Radio. Bahkan, menjelang masa tenang kandidat paslon juga kampanye singkat ke kelas-kelas. Para Paslon juga secara langsung memohon restu kepada Kepala Sekolah secara bergantian.
Endang Binarti, saat didatangi para Paslon menyatakan kekagumannya karena para Paslon mampu menjadi teladan bagi warga sekolah yang lain.
“Pemilu ini tidak menentukan menang dan kalah, tapi bertujuan membangun dan membesarkan almamater kita. Untuk itu siapa pun yang menang dan yang kalah nantinya harus bekerja bersama untuk kemajuan sekolah kita,” pesannya.

Adapun mekanisme pemilihan yaitu semi online, melalui Google Form namun datang ke sekolah.
“Dengan pemilu sistem semi-online ini diharapkan bisa mendapatkan pemimpin yang betul-betul sesuai harapan bersama,” jelas salah satu panitia MPK OSIS.

Sistem perhitungan suara pada pemilu kali ini dilakukan lewat Google Chrome, sehingga langsung terinput secara otomatis. Hasilnya menampilkan data berupa diagram perhitungan secara real time dan real count tanpa melalui proses hitung manual yang memakan waktu lama.

Hasil pemilu yang telah direkapitulasi akhirnya memunculkan nama-nama Ketua dan Wakil Ketua MPK OSIS. Paslon OSIS nomor urut 1 Forensa Esty Ayu Bintari (XI MIPA 6) yang berpasangan dengan Chandra Eka Putra Pakaenony (X MIPA 4) berhasil memperoleh kursi ketua dan wakil ketua OSIS kali ini. Kursi ketua dan wakil ketua MPK juga diraih oleh Paslon MPK nomor urut 1 Jonata Rafie Anto (XI MIPA 5) dan Elfaretta Calista Ahmad (X IPS 5).

Persiapan dilakukan dengan matang oleh masing-masing paslon.
“Banyak yang dipersiapkan, mulai dari pembuatan visi-misi, menyusun program kerja, dan tak lupa meminta doa restu dari kedua orang tua.” ucap Forensa, paslon OSIS nomor urut 1.

Pihak panitia MPK/OSIS pun bekerja keras demi suksesnya pemilu tahun ini, diantaranya seperti menyiapkan tempat pemilihan offline di aula utama hingga pengaturan sistem pemilihan.
“Kami menyiapkan ini dengan cepat, karena diburu waktu yang singkat hampir kurang dari seminggu, namun Alhamdulillah pemilu berjalan sukses.”

Rahma dan Amelia dari kelas 10 MIPA 6, salah satu diantara siswi yang telah melakukan pemilihan berharap, “Semoga bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang baik dan amanah, serta bisa melakukan tanggung jawab dan tugasnya dengan baik.”

Saat ditanya kriteria ketua dan wakil ketua MPK/OSIS yang dipilih, mereka menjawab yang tegas, jujur, dan bisa menjadi contoh yang baik untuk para anggotanya.

Selamat atas diterimanya Ketua MPK dan OSIS periode 2022-2023!

Reporter : Zerla, Zerli

Penulis : Kiki, Firzin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img