BerandaAgendaBupati Mojokerto Warnai MPLS Smansa Mozar

Bupati Mojokerto Warnai MPLS Smansa Mozar

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA Negeri 1 Mojosari tahun ini sudah tidak dilaksanakan secara daring seperti 2 tahun sebelumnya, namun tahun ini perdana dilaksanakan secara luring atau tatap muka. MPLS dilaksanakan selama 3 hari. Peserta didik baru mengenal lingkungan sekolahnya mulai dari lokasi gedung, kelas, identitas sekolah, hingga kurikulum yang diajarkan.

Di hari pertama, upacara pembukaan dilaksanakan dengan khidmat. Kepala sekolah selaku pembina upacara membuka secara resmi MPLS ditandai dengan penyematan ID chard peserta dilanjutkan dengan penerbangan merpati, yang diikuti pelepasan ratusan balon harapan.

“Selamat datang calon pemimpin bangsa di SMA Negeri 1 Mojosari. Di pundak kalianlah harapan negeri ini dipertaruhkan. Untuk itu di sekolah tercinta ini marilah belajar, berjuang, dan berprestasi,” pesan Ibu Endang Binarti selaku kepala sekolah dalam pembukaan MPLS kali ini.
Walaupun hanya dilaksanakan selama 3 hari, MPLS kali ini cukup padat dengan materi yang disampaikan oleh Bapak Ibu Guru. Pada hari kedua materi Wawasan Kebangsaan disampaikan oleh Danramil Mojosari Kapt. Inf. Budiyono yang diselingi beberapa demo ekstrakurikuler sekaligus promosi untuk perekrutan peserta ekskul bagi kelas 10. Ada banyak ekskul yang turut demo promosi antara lain ekskul Tari, Pencak Silat, Taekwondo, VOS Radio/TV, Megasus/VOS Media, Paskibra, Budaya Jepang, Jerman, ECC, Basket, Paduan Suara, dan lain-lain.
Demo eksktra dan promosi dipertunjukkan agar peserta didik tahu ekstrakurikuler apa saja yang tersedia guna menyalurkan minat dan bakatnya.

Hal-hal istimewa dan penuh memori pun tercetak di benak setiap peserta didik.
Untuk menarik minat para peserta didik baru diadakan pula bermacam-macam games atau ice breaking.

“Rasanya seru Kak karena di MPLS kali ini kita bisa bertemu dengan teman-teman dari mana mana. Dan aku paling suka sama materi yang disampaikan karena sangat membuka wawasan saya. Games-nya juga asyik banget,” tutur Eca salah satu peserta didik baru asal SMPN 1 Pungging.


Keseruan MPLS makin memuncak pada hari ke-3.
Kali ini Tokoh Inspiratif dan Inovatif dr. Ikfina Fahmawti, M.Si., yang juga Bupati Mojokerto menyempatkan diri menjadi nara sumber di MPLS SMA Negeri 1 Mojosari. Luar biasa sekali karena acaranya dikemas dalam talkshow, orang nomor 1 Kabupaten Mojokerto ini langsung bercengkerama dengan para peserta didik baru.

Banyak motivasi yang beliau sampaikan. Ditanya presenter tentang cita-cita beliau, ternyata sederhana sekali yaitu ingin menjadi seorang Ibu. Dengan ketekunan, keikhlasan, dan ketawadlukan beliau justru bukan hanya ibu bagi anak-anak beliau saja melainkan berhasil menjadi Ibu bagi anak-anak se-Kabupaten Mojokerto.

Menjadi Bupati tidaklah mudah mengingat beliau yang berlatar dari kehidupan dunia medis. Lika-liku perjalanan mulai masa SMA hingga sekarang pun dibeberkan guna memotivasi peserta didik untuk terus berjuang dan tidak pantang menyerah. Alhasil, dengan perjuangannya yang gigih, ridha Allah dan orang tua, beliau bisa sampai di titik ini.

“Tidak tahu yang Allah rencanakan, kita sebagai manusia harus mengikuti alur kehidupan. Percaya kepada Yang Mahakuasa, yang penting restu orang tua selalu menyertai.” ucap beliau dengan penuh yakin.

Setelah hampir 1 jam bercengkerama dengan peserta MPLS beliau masih menyempatkan diri untuk mengisi talkshow di VOS TV/Radio. Beliau bangga dengan kemajuan teknologi Informasi terutama yang sekarang dimiliki SMA Negeri 1 Mojosari. Mudah-mudahan VOS TV/Radio yang tetap eksis ini bisa mengimbas kepada sekolah lain untuk punya Jalin komunikasi berupa Radio lintas SMA dari siswa untuk siswa dengan biaya murah.

Keseruan pelaksanaan MPLS kali ini menambah semangat panitia pelaksana yang juga dibantu pengurus OSIS MPK.
“Seperti yang kita ketahui, MPLS tahun ini dan tahun kemarin pasti banyak banget perbedaan. Salah satunya adalah pelaksanaan full offline di sekolah. Ditambah lagi dengan bazar ekskul sekaligus pendaftaran anggota baru. Walaupun ada sedikit kendala, bila kerja tim terlaksana dengan baik acara bisa berjalan maksimal, ” jelas Yoga salah satu pengurus MPK SMAN 1 Mojosari.

(Nuril Hakiki & Firzin Amelia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img