BerandaKesehatanIni 5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bisa Memicu Kanker

Ini 5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bisa Memicu Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia, dan setiap tahunnya semakin meningkat. Berbagai upaya pun dilakukan untuk menghindarkan diri dari penyakit kanker.

Namun, banyak yang tak menyadari bahwa ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan bisa berpengaruh untuk memicu munculnya sel-sel kanker di dalam tubuh.

Berikut 5 hal kebiasaan yang harus dihindari untuk mengurangi risiko terkena penyakit kanker :

  1. Meletakkan Hp di Dekat Kepala saat Tidur

Dilansir dari California Department of Public Health (CDPH), paparan energi frekuensi radio dari ponsel memperbesar risiko munculnya sel-sel kanker pada otak.

  1. Duduk terlalu lama

Kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kanker endometrium, kolorektal, hingga payudara. Jadi, lakukan aktivitas fisik sederhana sekitat 30 menit sehari.

  1. Sering Lembur pada Malam Hari

Sebuah studi yang diterbitkan di British Medical Journal menemukan bahwa kerja shift malam atau lembur dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Karena, tekanan melatonin menjadi penghubung paling kuat, juga gaya hidup dan efek kerja lembur.

  1. Tidur dengan keadaan TV Menyala

Study pada 2010 yang terbit di jurnal Environmental Health Perspectives menemukan cahaya buatan dari TV berhubungan dengan kanker payudara dan kanker prostat. Karena, cahaya buatan ini mengacaukan melatonin (hormon yang membuat seseorang tertidur).

  1. Mengonsumsi Minuman dengan Pemanis Buatan

Mengonsumsi minuman berpemanis seperti soda dan teh kemasan dapat meningkatkan risiko kanker endometrium. Jenis minuman ini membuat kadar gula darah dan insulin langsung menanjak. Insulin tinggi mengondisikan lingkungan yang kondusif untuk perkembangan sel kanker endometrium dalam tubuh.

(tim/vos)
Penulis : Nuril Hakiki/Meg
Sumber : banksinarmas.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img