BerandaAgendaWajah Baru Kepengurusan OSIS/MPK Masa Bakti 2023/2024

Wajah Baru Kepengurusan OSIS/MPK Masa Bakti 2023/2024

Menyambut tahun ajaran baru 2023/2024, SMA Negeri 1 Mojosari turut menghadirkan wajah-wajah baru dalam kepengurusan OSIS/MPK. Pemilihan wajah-wajah baru ini melibatkan seluruh warga SMA Negeri 1 Mojosari, mulai dari kelas X sampai kelas XII, hingga Bapak/Ibu dewan guru.

Pemilihan pengurus baru OSIS/MPK ini telah melewati serangkaian proses panjang. Setelah sebelumnya pada Rabu (9/8) masing-masing pasangan calon melangsungkan debat yang disaksikan siswa-siswi SMA Negeri 1 Mojosari di aula utama, kemarin Jumat (11/8) menjadi puncak acara di mana pemilihan umum digelar. Acara diawali dengan pemberian sambutan dari Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMA Negeri 1 Mojosari, Ibu Sulastri S.Pd., kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Mohd. Mahrus, S.Ag., M.Pd.I. Setelahnya, masing-masing pasangan calon OSIS/MPK dipersilakan menyampaikan orasi di depan siswa-siswi SMA Negeri 1 Mojosari.

“Karena saat ini merupakan tahun pertama sekolah kita melaksanakan Kurikulum Merdeka (Kurmer), pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS/MPK kali ini sekaligus dikemas sebagai bentuk implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bagi anak-anak,” ungkap Ibu Sulastri.

Mekanisme pemilihan umum pengurus OSIS/MPK kali ini dilaksanakan secara langsung melalui bilik suara yang telah disediakan. Tiap kelas memberikan suaranya secara bergantian melalui sejumlah bilik suara di bagian depan aula utama dengan menggunakan laptop yang sudah disiapkan di dalam bilik masing-masing. Jadi, pemilihan secara langsung ini tetap dilaksanakan secara online. Ketua pelaksana pemilihan umum pengurus OSIS/MPK ini, Bintang Saka, menjelaskan bahwa baik dari para pasangan calon maupun anggota OSIS/MPK yang lain telah melewati proses yang panjang dalam mempersiapkan pemilihan umum ini.

“Untuk waktu persiapannya kurang lebih satu bulan, mulai dari menentukan pasangan calon melalui hasil rapat OSIS, membantu pasangan calon membuat video promosi, poster promosi, orasi, hingga visi-misi.” jelasnya.

Tidak hanya dari sisi panitia, pihak pasangan calon ketua-wakil ketua OSIS/MPK pun telah mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan mempersiapkan program-program unggulan yang mereka bawa.

“Yang pertama, kami akan selalu membuat program yang berlandaskan oleh Ketuhanan Yang Maha Esa, yang kedua yaitu pendidikan karakter untuk anggota OSIS/MPK agar dapat menjadi teladan bagi siswa-siswi lain di SMA Negeri 1 Mojosari, untuk yang terakhir adalah penyampaian aspirasi dari siswa-siswi SMA Negeri 1 Mojosari sebagai penghubung antara siswa dan sekolah.” ujar Andi Rafii’, dari pasangan calon nomor urut 1.

Pemilihan umum pengurus OSIS/MPK ini juga menjadi sebuah pengalaman baru bagi beberapa siswa SMA Negeri 1 Mojosari. Salah satu siswa SMA Negeri 1 Mojosari, Gusti, berkata bahwa pemilihan umum ini menjadi salah satu pengimplementasian demokrasi di mana seluruh warga SMA Negeri 1 Mojosari diberikan kesempatan untuk mengeluarkan suara seadil-adilnya.

Pemilihan umum ini menghasilkan pasangan calon 2 OSIS atas nama Firmansyah Wahyu, Thereza Nuril Hidayah, dan Nandyo Izza, serta pasangan calon 2 MPK atas nama Aisyah Burairah dan Moh. Adimas Pratama sebagai ketua-wakil ketua terpilih OSIS/MPK untuk masa bakti 2023/2024.

“Untuk calon yang terpilih nanti, saya harap baik orasi, visi-misi, maupun apa saja yang kalian sampaikan tidak hanya sekadar orasi dan visi-misi melainkan akan menjadi kerja nyata untuk organisasi, sekolah, maupun siswa-siswi SMA Negeri 1 Mojosari.” pesan Bintang menutup sesi wawancara.

Reporter: Crewmeg                                                  Penulis: Qonita R.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img