BerandaAgendaIntip Kegiatan Ramadan Di SMAN 1 Mojosari

Intip Kegiatan Ramadan Di SMAN 1 Mojosari

Ramadan adalah bulan penuh berkah yang sangat ditunggu-tunggu. Dengan datangnya Ramadan kali ini, SMA Negeri Mojosari menyambutnya dengan penuh semangat tiap hari penuh dengan kegiatan. Semua kegiatan diharapkan bernilai ibadah yang tinggi. Dalam sebulan penuh semua stakeholder yang ada di SMA Negeri 1 Mojosari dilibatkan pada kegiatan yang bernuansa pesantren Ramadan.

Setiap hari para siswa dan Bapak Ibu Guru terlibat dalam kegiatan baca tulis Quran atau BTQ yang diselenggarakan di tiap kelas. Bapak Ibu Guru mendampingi anak-anak untuk mengikuti BTQ sesuai dengan materi yang sudah disediakan dan dikoordinasi oleh Bapak Ibu Guru Pendidikan Agama Islam. Pada saat pelaksanaan BTQ, siswa-siswi yang nonmuslim dipersilakan membaca atau mendalami kitab sucinya masing-masing.

Setelah pelaksanaan BTQ selama 30 menit dilanjutkan dengan pembelajaran bagi kelas 10 dan 11 hingga 6 jam pelajaran sesuai jadwal pelajaran. Tidak hanya itu, di masjid sekolah juga diadakan tadarus Al Quran, salat Dhuha berjamaah, dan dilanjutkan ceramah agama sampai waktu istirahat. Pelaksanaannya melibatkan dua kelas secara bergantian didampaingi Bapak Ibu Guru yang jadwalnya mengajar di kelas tersebut. Setelah mengikuti kegiatan di masjid para siswa kembali ke kelas masing-masing untuk mengikuti pelajaran berikutnya.

Kegiatan Ramadan di SMAN 1 Mojosari ternyata tidak hanya melibatkan semua keluarga besar sekolah saja. Ada juga kegiatan yang melibatkan masyarakat sekitar dan masyarakat luas. Ada kegiatan berbagi takjil yang dilakukan Bapak Ibu bersama para siswa. Titik spotnya di depan gerbang sekolah. Sasarannya para pengendara atau pejalan kaki yang lewat.

Masih ada satu kegiatan Ramadan yang melibatkan masyarakat secara luas. Apa itu?
Melalui VOS Radio ada tadarus Alquran oleh siswa dilanjutkan dengan siniar (podcast) bertema Lentera Qalbu. Untuk siniar ini yang mengisi adalah Bapak Ibu Guru Pendidikan Agama Islam juga para tokoh atau pejabat yang berkenan mengisi acara.

Semoga semua kegiatan di bulan penuh berkah ini betul-betul membawa berkah. Belajar mengisi kehidupan dengan kegiatan positif yang bermanfaat bagi sesama.

(VOS Media Crew)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img