BerandaPendidikanPemilihan Ketua dan Wakil Ketua MPK/OSIS Periode 2021-2022

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua MPK/OSIS Periode 2021-2022

Kamis (2/9) — SMA Negeri 1 Mojosari mengadakan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua MPK/OSIS periode 2021/2022.

Acara dibuka dengan orasi yang dilakukan masing-masing pasangan calon, baik dari pihak MPK maupun OSIS. Lagu Indonesia Raya dinyanyikan dengan khidmat disusul Mars SMAN 1 Mojosari sebagai tanda dimulainya acara.

Rizky Ardiansyah, Ketua OSIS periode 2020/2021 memberikan beberapa kata sambutan. Tak ketinggalan, Kepala sekolah SMAN 1 Mojosari, Ibnu Muzakir, juga menyampaikan rasa senangnya atas digelar pemilihan ini lewat pidato singkatnya.

Mekanisme penyelenggaraan pemilihan tahun ini dilaksanakan secara offline dan online.
Teknik pemilihan online dilakukan melalui Google form yang telah pihak MPK/OSIS buat dan selanjutnya disebarkan ke seluruh warga sekolah.

Untuk masuk ke Google form tersebut, pemilih harus menggunakan akun Google-suite yang disediakan pihak sekolah. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa pemilih merupakan warga sekolah yang aktif dan tidak memungkinkan terjadinya penggelembungan suara oleh peserta di luar SMAN 1 Mojosari.

Rekapitulasi hasil suara langsung terinput secara otomatis. Hasilnya menampilkan data berupa diagram perhitungan secara real time dan real count tanpa melalui proses hitung manual yang memakan waktu lama.

Beberapa kontribusi pun kian dijanjikan masing-masing pasangan calon.
“Kontribusi yang akan saya lakukan adalah melaksanakan program 3M; menampung, menyeleksi, dan merealisasikan aspirasi, inspirasi dan inovasi dengan mengadakan aspiration day atau hari aspirasi, dan mengadakan rapat kinerja evaluasi OSIS yang bertujuan mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan OSIS.” kata Aisha, kandidat MPK nomor urut 1.

Selain melaksanakan via online, pihak MPK/OSIS pun membuka kesempatan terbatas untuk warga sekolah, mulai siswa-siswi sampai para guru untuk memilih secara langsung di Aula SMAN 1 Mojosari.

Pemilihan dilakukan dengan mencoblos gambar pasangan calon yang dipilih dalam bilik yang telah disediakan dengan tertib secara berkala.

“Saya merasa berdebar karena ini kali pertama melakukan pemilihan langsung dalam jenjang SMA.” Ujar Kanaya, salah satu siswa kelas 10 yang mengikuti pemilihan offline.

Ia mengaku sempat bingung karena visi-misi yang diorasikan kedua pasangan calon dalam debat kemarin via YouTube VOS SMAN 1 Mojosari sangat bagus dan menjanjikan.

Seluruh pasangan calon telah melewati rangkaian tahapan mulai penjaringan sampai terpilih menjadi kandidat dalam pemilihan resmi, sehingga hasil yang didapatkan tentu baik dan berkualitas.

Pihak MPK/OSIS juga telah mempersiapkan segala hal dibalik pemilihan ini baik secara fisik maupun non-fisik.

Hal ini seperti yang dikatakan Rizky, penanggung jawab acara.
“Beberapa persiapan non-fisik seperti melakukan promosi di akun sosial media, sampai menata tempat untuk pemilihan di sekolah.” Tuturnya.

Rizky merasa pemilihan ini kurang maksimal karena tidak bisa bertatap muka langsung dengan warga sekolah.

“Saya sendiri mengaku lebih menyukai pemilihan offline daripada online. Namun, untuk memutus penyebaran rantai covid-19 dan mematuhi protokol kesehatan, kami harus melaksanakan sebagian besar acara ini secara online.” jelasnya.

Pihak MPK/OSIS juga memberikan reward untuk kelas paling aktif sebagai bentuk apresiasi kepada siswa yang mau meluangkan waktunya dalam pemilihan.

Suyono Onde, pembina MPK/OSIS juga mengaku bangga atas digelarnya pemilihan ini. Ia berharap setelah terpilihnya Ketua dan Wakil Ketua MPK/OSIS periode 2021-2022, mampu mencetak pemimpin yang hebat dan bertanggung jawab.

“Semoga calon selanjutnya yang terpilih bisa amanah dalam menjalankan tugasnya, menjadi pemimpin yang hebat dan bertanggung jawab, serta dapat membawa nama SMAN 1 Mojosari ke masa depan yang gemilang di kemudian hari.” tutupnya.

Reporter : Ruri, Zidan, Nia, Zerla
Penulis : Hakiki/Firzin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img