BerandaAgendaPengenalan Kurikulum, Mudahkan Peserta Didik Baru Memilih Jurusan

Pengenalan Kurikulum, Mudahkan Peserta Didik Baru Memilih Jurusan

Ada yang berbeda dalam pelaksanaan MPLS Daring H4, Kamis (15/7) di SMAN 1 Mojosari kali ini. Kalau hari-hari sebelumnya Narsum (narasumber) yang menyampaikan materi gabungan dari eksternal dan internal, H4 ini pematerinya dua-duanya dari internal. Namun, tidak kalah menarik dengan sebelumnya.

Namun, sebelum penyampaian materi dikumandangkanlah lagu Indonesia Raya dan disusul Mars SMAN 1 Mojosari. Menyambung berikutnya dilanjutkanlah promosi beberapa ekskul lewat Radio VOS diantaranya: Paskibraka, ECC, Taekwondo, dan Paduan suara.

Tiba saatnya materi pertama yang sangat menarik yaitu Wawasan Kebangsaan. Yang menyampaikan ialah Ibu Musyahadah, S.Pd. Beliau menuturkan, “Agar ketahanan bisa terwujud harus diimbangi adanya akhlak/moral. Kita bisa saja menjadi pintar, tapi jika akhlak kita kurang baik bisa mengguncangkan ketahanan negara tercinta NKRI.”

Selanjutnya, materi kedua hari ini disampaikan oleh Hermawan S.Si. mengenai Pengenalan Kurikulum. Pengenalan Kurikulum sangat penting dipahami untuk peserta didik baru tahun ajaran 2021/2022 agar bisa memilih jurusan sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing.

Kurikulum berisi tentang tujuan pembelajaran, komponen pembelajaran yang diberikan acuan, bentuk penilaian, serta hasil pembelajaran.

Tak hanya itu beliau juga mengenalkan dua jurusan yang ada di SMAN 1 Mojosari, yaitu diantaranya MIPA dan IPS. Yang menarik ada juga pelajaran lintas peminatan yang akan diberikan pada siswa kelas 10 dan siswa kelas 11 SMAN 1 Mojosari.

“Pelajaran lintas peminatan di berikan agar anak-anak bisa mengetahui pengetahuan lain di luar pelajaran peminatan yang ada di jurusanya” jelas beliau.

Adapun lintas peminatan di tahun ini untuk jurusan MIPA yaitu: bahasa Jepang, Geografi, dan Ekonomi. Sedangkan untuk jurusan IPS, yaitu: bahasa dan sastra Inggris serta bahasa Jepang.

“Walaupun keadaan masih seperti ini tetap jaga kesehatan, berpikir positif, dan tetap belajar. Belajar tidak dibatasi ruang dan waktu. Belajar bisa di mana saja dan lewat apa saja. Guru guru juga memberikan akses belajar lewat google classroom” pesannya sebelum mengakhiri talkshow pada hari ini.

Masih seperti hari sebelumnya, MPLS ditutup dengan quis berhadiah yang di bacakan secara live streaming di Chanel YouTube VOS SMAN 1 Mojosari.

Firzin Amelia/Suyono Onde (Meg)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img