BerandaAgendaGelar Pemilihan OSIS/MPK, SMAN 1 Mojosari Ajarkan Siswa Berdemokrasi

Gelar Pemilihan OSIS/MPK, SMAN 1 Mojosari Ajarkan Siswa Berdemokrasi

SMA Negeri 1 Mojosari gelar pemilihan OSIS/MPK periode 2024/2025, Kamis (29/8). Pemilihan ini melibatkan seluruh warga SMA Negeri 1 Mojosari, mulai dari kelas 10 sampai kelas 12, hingga Bapak/Ibu dewan guru.

Sebelum melaksanakan kegiatan pemilihan para calon OSIS/MPK ini telah melewati berbagai macam proses. Dimulai dari pembuatan video profil, kampanye yang dilakukan door to door mulai dari kelas 10 sampai kelas 12, dilanjutkan dengan debat yang dilaksanakan pada Selasa (27/8) disaksikan oleh seluruh siswa-siswi SMA Negeri 1 Mojosari di aula Bung Tomo.

 

Debat ini di moderatori oleh Thereza Nuril Hidayah serta 5 panelis. Untuk mekanisme dalam pemilu kali ini sama seperti tahun lalu yaitu dilakukan dengan menggunakan bilik suara yang sudah disiapkan di aula. Tiap kelas secara bergiliran memberikan suaranya melalui sejumlah bilik suara. Lalu, sama seperti pemilu pada umumnya setelah memilih kandidat, siswa mencelupkan jari kelingking ke dalam tinta sebagai tanda bukti telah memilih.

 

Salah satu panitia menyampaikan bahwa untuk mempersiapkan kegiatan pemilu periode 2024/2025 ini membutuhkan waktu kurang lebih 4 bulan, tidak hanya dari pihak panitia tetapi masing-masing Paslon OSIS/MPK juga mempersiapkan diri mulai dari mempersiapkan program-program unggulan yang mereka bawa yang nantinya menjadi pertimbangan bagi para siswa-siswi SMA Negeri 1 Mojosari untuk menentukan Paslon pilihannya.

 

“Yang pertama kita ingin malaksanakan visi misi kita sebaik mungkin lalu untuk program kita akan melakukan diskusi secara lanjut terlebih dahulu dengan para sekbid kita dan juga para siswa-siswi SMA Negeri 1 Mojosari lalu kita akan merealisasikan bersama aspirasi-aspirasi tersebut” ujar Eka Syafiria, dari pasangan calon nomor urut 1.

 

Kegiatan ini juga merupakan wujud demokrasi yang bertujuan mengajarkan pada siswa-siswi SMA Negeri 1 Mojosari agar mampu memahami implementasi demokrasi di lingkup sekolah. Melalui kegiatan ini siswa maupun Bapak/Ibu Dewan Guru memiliki kesempatan untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses pengambilan keputusan yaitu dengan memberikan hak suaranya.

 

Pemilihan umum ini dimenangkan oleh pasangan calon 2 MPK yakni Afriza Febry Dharminingtyas dan M. Wahid Novandarius serta pasangan calon 1 OSIS yakni Rakha Sinatria dan Wulan Anggraini Romadhoni sebagai ketua-wakil ketua terpilih OSIS/MPK periode 2024/2025. Adapun pesan yang disampaikan peserta pada kegiatan pemilu kali ini, sekaligus menjadi penutup sesi wawancara pada Kamis (29/8)

 

“Untuk calon yang terpilih nanti, saya harap mereka bisa mempimpin dengan bijak dan baik. Lalu memberikan event event dan program yang dapat memajukan sekolah dan menarik minat para siswa. Dan siapapun yang terpilih nanti, saya harap mereka bisa menerima dengan lapang dada”.

Reporter: Isnadine, Wulan

Penulis: Jingga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img