BerandainformasiGelar Budaya Pancasila Perkuat Jiwa Nasionalisme Generasi Muda

Gelar Budaya Pancasila Perkuat Jiwa Nasionalisme Generasi Muda

Di tengah maraknya kreativitas seni di sekolah, SMAN 1 Mojosari menggelar berbagai acara seni yang diberi nama “Gelasi” atau Gelar Budaya Pancasila. Acara ini menjadi momen istimewa bagi siswa kelas 12. Gelasi ini menjadi ajang penampilan para siswa sebagai tugas akhir mata Pelajaran Seni Tari dan Bahasa Jawa untuk menampilkan bakat dan kreativitas mereka.

Ekstrakurikuler tari smansamozar

Gelar Karya Seni dilaksanakan mulai Senin hingga Kamis (19–22/2). Gelar karya seni dari Seni Tari yaitu pementasan seni drama tari (sendratari) sedangkan dari Bahasa Jawa menampilkan drama berbahasa Jawa yang meliputi drama tradisional ludruk dan musikalisasi geguritan, serta drama modern. Dalam setiap drama, siswa dengan penuh dedikasi membawa penonton dalam perjalanan emosional yang mendalam.

Dengan mendalaminya karakter melalui akting yang penuh dedikasi. Setiap gerakan dan ekspresi di atas panggung menjadi cermin dari usaha mereka dalam memahami dan meresapi peran yang mereka bawakan. Tak hanya itu, setiap detail dari pilihan kostum hingga pernak-pernik panggung, dirancang dengan teliti untuk memberikan keaslian pada setiap adegan.

Drama yang memukau, tidak luput dari usaha dan persiapan jauh-jauh hari, hal tersebut sesuai dengan pernyataan Lia, siswi kelas 12 MIPA 5. “Dari awal memasuki kelas 12 kami sudah diberitahu akan melaksanakan tugas drama. Namun, baru terlaksana saat bulan November hingga Januari, jadi semester kedua ini.”

Selaku pembimbing seni tari Ibu Retno Aju berharap bisa memberikan wawasantentang budaya yang ada sekaligus memberikan penghargaan dan menikmati penilaian terhadap seni tari. Senada dengan harapan tersebut Lailatus Sakdiyah, S.Pd. dan Ariska Anggraini, S.Pd. selaku pengajar Bahasa Jawa menaruh harapan besar atas antusias para siswa dalam merealisasikan jiwa seni ketimuran. “Kami berharap generasi muda bisa menyukai dan melestarikan kesenian daerahnya, yaitu kesenian Jawa supaya tidak punah karena tergerus perkembangan zaman,” ungkapnya.

Drama seni budaya kelas XII MIPA 5

“Kegiatan seperti ini perlu diagendakan sebaik-baiknya. Dengan pementasan seperti ini berarti kita sudah memberikan apresiasi kepada para siswa atas kerja kerasnya selama ini sekaligus memperkuat jiwa nasionalisme mereka sebagai generasi muda,” ungkap Bapak Wardoyo, S.Pd., M.M.Pd. selaku kepala sekolah saat memberikan sambutan kegiatan. Dengan Gelasi, siswa kelas 12 SMAN 1 Mojosari telah menorehkan tanda keajaiban seni yang tak terlupakan. Ini adalah perayaan kekreatifan dan kebersamaan yang menggema di sekolah tercinta.

penulis : Isnadine Prinsca
Reporter : Amarsya & Rania

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img